Sambal sering dianggap sebagai bahan makanan pendamping yang mampu melengkapi cita rasa makanan utama di Indonesia. Itulah sebabnya masyarakat belum merasa puas apabila tidak terdapat sambal dalam sajian makanan sehari-hari. Tingginya permintaan sambal membuat banyak rumah makan berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi terbaru mengenai cita rasa sambal. Mulai dari sambal berdasarkan campuran bahan yang beraneka ragam hingga sambal berdasarkan tingkat kepedasan. Salah satu jenis sambal yang cukup populer di Indonesia yaitu sambal pecel atau bumbu pecel (jawa: sambel pecel). Sambal dengan bahan utama kacang tanah ini awalnya merupakan pendamping makanan tradisional pecel. Makanan tradisional yang dimaksudkan adalah makanan yang diolah dari bahan baku lokal dan biasa dikonsumsi masyarakat sekitar. Pecel adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari rebusan sayuran yang dihidangkan dengan disiram sambal kacang. Sambal kacang yang dimaksud dalam pengertian ini lah yang biasa disebut sambal pecel. Karena memiliki cita rasa yang nikmat, saat ini sambal pecel sudah mulai tersohor hingga daerah-daerah lain di Indonesia. Sambal pecel merupakan sambal yang terbuat dari campuran cabai, gula merah, dan kacang tanah sebagai bahan utamanya. Salah satu yang khas dari sambal ini yaitu 2 aroma daun jeruk yang segar dan cita rasa unik kencur. Sambal pecel pada awalnya hanya digunakan untuk pelengkap nasi pecel (jawa: sego pecel). Pada perkembangannya, penggunaan sambal pecel meluas dan digunakan pula untuk campuran makanan lainnya seperti siomai, sate, atau sekedar untuk sambal pelengkap pada makanan ringan seperti gorengan dan krupuk. Tidak hanya terbatas pada makanan tradisional, sambal pecel juga sering digunakan untuk campuran salad. Dewasa ini sambal pecel dipasarkan dalam bentuk padatan. Konsumen masih harus menghancurkan dan menambahkan air panas sebelum menggunakannya. Meskipun produk tersebut sudah lebih maju, konsumen tidak perlu membuat sambal baru dengan menghaluskan gula merah, kacang tanah, daun jeruk purut dan bahan pendukung lainnya. Akan tetapi produk yang ada masih belum praktis bagi masyarakat modern. Kesibukan masyarakat kini juga membuat mereka memiliki waktu yang singkat untuk menyajikan dan mengkonsumsi makanan sehingga, trand makanan siap saji pun mempermudah masyarakat dengan ritme tinggi ini. Hal ini menunjukan konsumen fenomena makanan siap saji yang berkembang pesat dan mempunyai prospek pengembangan makanan-makanan siap saji dibandingkan dengan makanan tradisional yang berbasis slow food. Ini salah satu perubahan konsumen yang perlu disiasati oleh pelaku usaha agar bisa bersaing dan merebut pangsa pasar baru.
Untuk itu kami membuka usaha produksi SAMBEL PECEL MADIUN MAK LIES.
PRODUK :
Kami menjual SAMBEL PECEL MADIUN dengan merk " MAK LIES"
Tersedia kemasan 250gr
Dengan 3 pilihan rasa : BIASA - SEDANG - PEDAS
Kering tidak berminyak,tanpa bahan pengawet,NON MSG
Tahan sampai kurang lebih 8 bl dengan penyimpanan yang baik
sudah terdaftar resmi di BPOM,sehingga terjamin mutu dan higienis bahan serta pengolahan.
VISI :
- Menjadi Brand Nasional dan Pemimpin pasar usaha sambel pecel modern di Indonesia
- Menjadi Brand Nasional kebanggaan Indonesia, dan memberikaan manfaat yang seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat, mitra usaha dan karyawan
- Membawa makanan tradisional Kota Madiun pada dunia Internasional
MISI :
- Menyediakan berbagai variasi produk sambel pecel yang enak dan lezat
- Memberikan kualitas pelayanan yang sangat baik, dengan mengutamakan QSV = Quality, Service & Value
- Senantiasa berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan dan mitra
- Tujuan :
· Senantiasa memelihara dan meningkatkan mutu produk, proses dan sistem mutu yang baik, konsisten, bertanggung jawab dan selalu fokus pada proses
· Menciptakan dan Menyediakan Produk unggulan yang inovatif
· Menempatkan Brand dalam pikiran konsumen untuk memaksimalkan kuliner Kota Madiun
Strategi
1. Terus mengembangkan franchise dengan cara mencari atau menunjuk penerima waralaba lanjutan
2. Memperkenalkan variasi baru melalui promo – promo
3. Menggunakan internet sebagai salah satu sarana promosi
4. Membuka pasar baru dengan minat konsumen yang berbeda
5. Mengutamakan cita rasa dan kualitas
6. Memperoleh kepuasan dari pelanggan
7. Memberikan pelayanan yang terbaik
Segmentasi Pasar
Produk ini dijual pada semua kalangan dan lapisan masyarakat yang diyakini akan menyukai citarasa yang khas dari Sambel Pecel Kota Madiun.
Target Pasar :
Seluruh masyarakat Indonesia , Sejauh ini Sambel Pecel Madiun MAK LIES sudah tersebar di toko Oleh" Sidoarjo.Tulung Agung,Jakarta,Surabaya.Bogor.Bandung,Kendari,Jogjakarta bahkan di salah satu restoran di Kota Toronto Canada dan Jepang
Info lebih lanjut hub.kami :
Info lebih lanjut hub.kami :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar